Waspada! Jerawat Di Badan Tanda Dari Masalah Kesehatan, Yuk Kenali Gejalanya Di Sini

Tubuh yang sedang mengalami masalah kesehatan, biasanya tidak menunjukkan gejala gejala yang aktif. Akan tetapi, tubuh akan memberi tanda dengan munculnya jerawat di tempat yang berbeda. Jerawat yang tumbuh di setiap tempat memiliki makna dan masalah kesehatan yang berbeda beda pula. Oleh karena itu, anda harus dapat mengenali jerawat di badan yang muncul secara tiba tiba dan tidak biasa. Yuk kenali beberapa gejalanya pada ulasan di bawah ini!

Masalah Kesehatan yang Ditandai Jerawat

Jerawat yang menjadi indikasi masalah kesehatan yang pertama muncul di leher dan rahang. Zona ini dapat menandakan bahwa hormon dalam tubuh anda sedang bermasalah karena area ini berhubungan dengan kelenjar hormon. Selain itu, anda juga dapat mengalami stres atau mengkonsumsi gula dengan jumlah yang banyak. Tidak hanya itu, jerawat yang muncul di leher juga disebabkan oleh baju kotor dan  rambut yang membuat gatal, sehingga kulit leher kotor.

Masalah kesehatan kedua ditandai dengan munculnya jerawat di zona pundak dan bahu. Jika tiba tiba menemukan jerawat di zona ini berarti tubuh anda sedang tegang dan drop. Jerawat di pundak dan bahu juga dapat mengindikasikan pikiran sensitif dan mudah terkena penyakit. Jika anda sedang mendekati masa mens, juga dapat mengalami jerawat di pundak atau bahu. Selain itu, pakaian, tas pundak, dan perawatan kulit yang tidak cocok juga dapat jadi pemicunya.

Jika anda tiba tiba menemukan jerawat di badan bagian dada atas, sebaiknya waspada karena mengindikasikan terjadi masalah pencernaan. Berbagai masalah dapat menjadi penyebab dari masalah pencernaan yang sedang anda alami, seperti dalam masa diet, konsumsi makanan yang terlalu pedas, atau terlalu banyak konsumsi minuman yang dingin. Selain itu, pemicu yang tidak disadari adalah karena mengenakan pakaian yang terlalu ketat, sehingga timbul jerawat.

Pernahkah anda memiliki jerawat yang muncul di lengan? Jika anda pernah mengalami hal itu, dapat dipastikan bahwa tubuh anda kekurangan vitamin. Mengapa demikian? Jerawat yang muncul di area yang tampak dari kulit, seperti lengan dapat mengindikasikan masalah kurang vitamin yang dialami oleh kulit dan tubuh. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir karena dapat diatasi dengan konsumsi buah buahan agar kebutuhan vitamin dalam tubuh segera tercukupi.

Jika anda senang mengkonsumsi makanan yang manis, harus mulai berhati hati karena dapat memicu berbagai penyakit dari tingginya gula dalam darah. Salah satu penanda tubuh anda memiliki gula darah yang cukup tinggi, yaitu munculnya jerawat di badan, area perut. Tanda ini juga berhubungan dengan adanya kelenjar minyak di sekitarnya. Selain itu, jerawat ini juga dapat disebabkan oleh biang keringat, gesekan dengan pakaian, atau tidak cocok produk perawatan kulit.

Masalah kebersihan adalah hal yang sangat vital bagi tubuh karena dapat memicu berbagai macam penyakit. Salah satu penandanya dengan jerawat yang muncul di area miss V yang menandakan kurang bersihkan pembersihan atau pencukuran rambut miss V. Yang dapat anda lakukan adalah dengan menjaga area kemaluan anda tetap kering dan didukung sirkulasi udara yang baik. Selain itu, anda juga disarankan untuk mengenakan pakaian dalam yang nyaman.

Jika anda memiliki kulit yang sensitif dan alergi terhadap beberapa hal, biasanya akan ditandai dengan munculnya jerawat di badan, area paha. Selain kulit sensitif, jerawat di paha juga disebabkan oleh kulit yang terlalu kering. Dengan begitu, anda dapat mencegahnya dengan memberi losion yang cocok untuk kulit anda. Selain itu, anda juga harus menghindari hal hal yang membuat kulit anda sensitif, seperti makanan, bahan pakaian tertentu, atau produk perawatan kulit.

Apakah anda sedang dalam kecemasan atau masalah pencernaan tertentu, tetapi tidak bisa mendeteksinya? Cara mudah untuk mengetahui masalah kesehatan satu ini dapat dilihat dari munculnya jerawat di tubuh bagian belakang, seperti punggung belakang dan pantat anda. Rasa cemas yang anda alami dapat menyebabkan produksi keringat secara berlebihan, sehingga dapat memicu jerawat. Selain itu, konsumsi makanan dengan kalori yang tinggi juga menjadi penyebabnya.

Pola Hidup Sehat Hindari Jerawat Badan

Cara pertama untuk menghindari jerawat adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Normalnya, manusia membutuhkan air putih 8 gelas sehari untuk menjaga kulitnya tetap lembut. Akan tetapi, tahukah anda bahwa massa badan juga memengaruhi jumlah air putih yang dibutuhkan oleh tubuh? Anda harus menghitungnya agar tidak kekurangan air dan dapat mengurangi munculnya serta menghilangkan bekas jerawat yang cukup membandel di tubuh.

Cara kedua yang dapat ditempuh dengan cara memiliki tidur yang cukup dan teratur. Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa seseorang yang stres dan kurang tidur memiliki potensi berjerawat. Selain memicu tumbuhnya jerawat di badan, kurang tidur juga menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Tidur yang cukup dapat memberikan waktu untuk kulit mengalami regenerasi dengan baik, sehingga kulit memiliki metabolisme yang cukup baik.

Hal yang juga harus anda perhatikan adalah asupan yang bergizi untuk tubuh agar memiliki asupan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Anda dapat mengatasinya dengan konsumsi buah dan sayuran agar tubuh tidak kekurangan sumber vitamin. Vitamin E adalah salah satu asupan yang dibutuhkan kulit untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit. Selain itu, kulit juga terlindungi dari debu, sinar ultraviolet, dan debu yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Cara terakhir yang sering kali diabaikan oleh banyak orang adalah tidak menyentuh atau memencet jerawat dengan tangan. Jerawat yang mengalami kontak langsung dengan tangan justru akan tumbuh dengan subur dan memiliki potensi untuk membekas di kulit. Terutama jika anda menyentuh jerawat dengan tangan yang kotor, efek yang ditimbulkan akan semakin berbahaya. Bekas jerawat di badan pun sangat sulit untuk dihilangkan dan butuh waktu yang cukup lama.

Jerawat yang tumbuh di beberapa bagian tubuh ternyata tidak dapat dipandang remeh atau sebelah mata. Justru jerawat tersebut memiliki makna yang mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang sedang anda derita. Terdapat empat belas zona dengan delapan diagnosis masalah kesehatan dengan obat yang ampuh, seperti obat jerawat punggung untuk jerawat di punggung. Mengetahui gejala dapat membuat anda lebih waspada dan menanganinya sejak dini. Semoga bermanfaat!