Ide Bisnis Unik Mahasiswa Dengan Modal Kecil

Mahasiswa memiliki keingintahuan untuk mencoba hal baru. Di masa tersebut, mereka akan melakukan hal menarik termasuk bisnis. Saat ini, Anda sering menemukan mahasiswa kreatif dan menawarkan produk-produk yang sebelum tidak terpikirkan.

Tentu saja, ide bisnis tersebut bukan sekadar angan-angan. Ide harus mampu dilaksanakan atau paling tidak mempunya kelayakan. Sebagai mahasiswa, mencoba dan gagal adalah hal biasa bahkan sangat dianjurkan untuk mengerti bagaimana suatu proses bisnis berjalan. Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Daftar Ide Bisnis Yang Bisa Dikerjakan Oleh Mahasiswa

1. Menjadi Reseller

Reseller adalah cara mudah menjual barang tanpa harus memproduksi atau memiliki gudang penyimpanan. Mahasiswa bisa melakukan pekerjaan ini karena hanya membutuhkan smartphone dan dukungan komunikasi. Anda bisa menjual apapun seperti kebutuhan mahasiswa, perlengkapan rumah tangga, fashion, sepatu, dan lainnya.

2. Les Privat

Ide selanjutnya adalah les privat. Banyak mahasiswa menawarkan jasa les atau bimbingan belajar. Mereka mengajar anak sekolah yang memang membutuhkan pelajaran tambahan. Selama Anda yakin dan mampu dengan kemampuan akademis. Les privat dapat dijadikan pertimbangan.

3. Jual Pulsa dan Paket Internet

Jual pulsa terdengar sepele bahkan sudah menurun peminatnya. Akan tetapi, pulsa masih memiliki nilai jual dan Anda bisa menambahkan paket internet. Di masa sekarang, smartphone sudah menjadi kebutuhan dan untuk mampu menggunakannya mereka butuh internet. Inilah peluang yang sangat menjanjikan apalagi jika Anda menjual ke sesama mahasiswa. Meskipun kampus sudah menyediakan wifi, mahasiswa di kos tetap menggunakan paket internet.

4. Toko Online

Bisnis yang paling mudah saat ini adalah toko online. Anda tidak perlu membuka toko secara nyata. Semuanya sudah tersedia di platform marketplace. Barang atau produk bisa apa saja selama mampu memenuhi kebutuhan pembeli.

5. Barang Bekas

Anda melihat barang bekas dan masih layak dipakai. Namun, tidak ada orang yang ingin memilikinya atau menggunakan kembali. Barang tersebut dapat dijual di tempat lain untuk menambah penghasilan. Perlu Anda ketahui, pengepul barang bekas bahkan mendapatkan omzet besar dan melimpah. Mahasiswa tidak perlu gengsi karena usaha ini bisa dilakukan secara part time.

6. Daur Ulang Limbah

Barang bekas tidak hanya dijual langsung. Mahasiswa menggunakan ide kreatif untuk mendaur ulang limbah menjadi barang dengan nilai lebih. Cara ini sudah umum dilakukan oleh mahasiswa dari jurusan tertentu. Mereka meningkatkan nilai guna suatu barang dan menjual kembali dengan harga lebih tinggi.

7. Pembuat Konten

Internet menjadi peluang untuk bisnis dan mendapatkan uang. Salah satunya adalah pembuat konten seperti video dan sebagainya. Mahasiswa sudah berkutat dengan laptop dan internet sejak awal sehingga hal seperti ini bukan masalah. Pembuat konten menjadi ide unik untuk bisnis di era digital.

8. Penulis Lepas

Penulis lepas seolah menjadi ide bisnis yang selalu berada di jajaran atas. Menjadi penulis tampak mudah tetapi Anda membutuhkan skill dan kemampuan mengolah kata yang baik. Penulis bisa mengerjakan proyek apapun dari artikel, fiksi, dan sebagainya. Anda bisa mendapatkan uang yang lumayan sembari mengasah skill di bidang penulisan.

9. Fotografi

Fotografi selalu menarik untuk dibahas. Saat ini, banyak sekali fotografer mudah bermunculan dengan skill yang lumayan. Anda bisa memanfaatkan kamera dan mencari order di bisnis ini. Tentu saja, skill dan gear juga perlu ditingkatkan setelah mendapatkan reputasi dan kepercayaan.

10. Desain Grafis

Bisnis berikutnya adalah desain grafis. Sama dengan fotografi dan penulis lepas, bisnis ini membutuhkan kreativitas. Desain grafis mencakup banyak produk seperti logo, poster, banner, dan lainnya. Anda suka menggunakan program desain dan ini saat untuk mengambil keuntungan dengan menawarkan jasa desain. Kegiatan kampus dan organisasi membutuhkan poster dan banner. Anda mencoba dulu dari kegiatan internal lalu mengumpulkan portofolio sebelum menawarkan ke orang lain secara profesional.

11. Pemandu Wisata

Satu ide lagi yang unik adalah pemandu wisata. Mahasiswa di jurusan bahasa asing sangat cocok untuk mengambil ide ini. Anda belajar bahasa tertentu dan pemandu wisata adalah bisnis yang tepat untuk mengaplikasikannya. Anda bisa menargetkan turis dari negara tertentu dimana sangat jarang pemandu untuk bahasa tersebut.

12. Web Desain

Internet dan website menjadi bagian tidak terpisahkan. Anda bisa mencoba bisnis di bidang web desain dan web developer. Keduanya saling berkaitan dan mahasiswa bisa belajar secara otodidak. Kebutuhan website meningkat karena media yang tepat untuk promosi dan membangun bisnis. Oleh karena itu, mahasiswa dapat menawarkan jasa web desain lalu menambahkan dengan pembuat konten dan penulis lepas. Satu bisnis mencakup beberapa ide.

13. Bisnis Kuliner

Ide kuliner tidak akan pernah habis untuk dicari. Banyak sekali kuliner menarik yang bisa dijadikan ajang bisnis. Mahasiswa tidak perlu modal besar untuk berbisnis ini. Mereka bisa melakukannya sambil kuliah. Jenis makanannya bervariasi dari makanan ringan seperti snack dan kue hingga berat seperti nasi dan bakso.

14. Penerjemah

Menjadi penerjemah adalah ide bisnis yang unik bagi mahasiswa. Mereka memiliki kemampuan bahasa asing dan penerjemah adalah penerapan dari skill tersebut. Bisnis ini juga dikerjakan secara part time.

Semua bisnis di atas sangat cocok untuk mahasiswa dan tersedia di wajibbaca.com. Mereka cukup memilih satu atau dua untuk mengisi waktu luang dan belajar bisnis mandiri.