4 Penyebab Kelainan Jantung Pada Bayi Baru Lahir

Semua wanita tentu inginĀ  melahirkan seorang anak dengan kondisi sehat dan tanpa kekurangan apapun. Namun sayangnya, karena berbagai macam alasan bayi bisa terlahir dengan kecacatan. Penyakit kelainan jantung yang terjadi pada seorang bayi bisa disebabkan oleh banyak hal. Untuk anda yang sedang merencanakan kehamilan atau dalam masa kehamilan, simak beberapa penyebab kelainan jantung pada bayi baru lahir berikut.

Mewaspadai Kelainan Jantung Pada Calon Bayi

  1. Faktor Genetik

Jika ada keluarga maupun pasangan anda yang terkena penyakit jantung, maka risiko kelainan jantung pada bayi sangat tinggi. Kondisi genetik merupakan suatu hal yang tidak bisa diubah oleh penanganan medis. Hal ini dikarenakan faktor genetik turut ikut serta membawa kemungkinan penyakit yang akan diderita si kecil. Sama halnya dengan kelainan jantung. Untuk saat ini, belum diketahui penanganan medis yang tepat untuk penyakit faktor genetik.

  1. Mengidap Penyakit Diabetes

Apabila memiliki riwayat penyakit diabetes dan sedang mengandung, anda harus lebih waspada. Sebab, menurut penelitian setidaknya 36% wanita penderita diabetes memiliki risiko melahirkan bayi dengan kelainan jantung. Tingginya kadar insulin dalam darah dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Hal ininlah yang menjadi penyebab risiko kelainan jantung pada janin khususnya pada bagian arteri.

  1. Mengkonsumsi Obat Tertentu

Untuk calon ibu, anda harus lebih waspada apabila ingin mengonsumsi obat tertentu. konsumsi obat bisa menyebabkan kesehatan janin terganggu, bahkan sebabkan kelainan jantung pada bayi baru lahir. Hindari konsumsi obat yang sudah biasa anda konsumsi, seperti ibuprofen, obat kulit, dan obat anti jerawat. Hal ini bisa meningkatkan risiko janin tidak bisa berkembang dengan sempurna.

Apabila sedang sakit, anda perlu untuk berkonsultasi kepada dokter mengenai obat yang akan dikonsumsi. Anda perlu menanyakan obat apa yang aman untuk dikonsumsi saat sedang sakit. Ini dilakukan untuk menghindari risiko kesehatan buruk bagi ibu dan juga janin yang ada dalam kandungan. Ada baiknya juga untuk hindari mengkonsumsi obat penguat janin yang belum terbukti keamanannya.

  1. Terkena Paparan Bahan Kimia Berbahaya

Jika berbicara mengenai bahan kimia, pasti ada banyak jenisnya. Banyak sekali benda yang dibuat dari bahan kimia berbahaya seperti, cat, pewarna, thinner dan lainnya. Jika ibu hamil terlalu banyak menghirup benda berbahan kimia tersebut, akan membuat kondisi kesehatan janin menurun. Tak hanya itu, bahan kimia berbahaya juga bisa anda temukan di dalam udara yang tidak sehat dan dapat meningkatkan risiko kelainan jantung pada bayi baru lahir

Kasus kelainan jantung pada anak baru lahir merupakan permasalahan yang penting untuk dibicarakan. Terdapat beberapa faktor penyebab bayi mengalami kelainan jantung yang belum bisa disembuhkan dengan metode medis. Khususnya faktor genetik. Faktor genetik ini berasal dari keluarga ibu atau ayah si kecil yang memiliki riwayat penyakit jantung. Oleh karenanya, penting untuk menjaga kesehatan jantung sedini mungkin agar tidak beresiko kepada anak cucu.