Skip to content

Manfaat Buah Kersen Untuk Membantu Mengobati Penyakit

  • by

Pasti anda sudah tidak asing dengan buah yang satu ini, yaitu buah kersen. Mungkin anda tahu pohon dan buahnya, namun tidak tahu namanya. Pohon ini lebih dikenal dengan nama talok, baleci, kersem dan keres. Karena tergolong sebagai tanaman liar, pohon kersen bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat. Pohon dengan tinggi mencapai 10 meter ini terkenal dengan daunnya yang berbulu dan lengket serta memiliki buah bulat berukuran kecil dengan warna merah ketika sudah matang. Bila buahnya dibuka, terlihat daging buah yang halus dan mirip biji-bijian berukuran kecil.

Buah kersen kerap kali dipandang sebelah mata karena tumbuh dengan liar di pinggir jalan, padahal buah kersen memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, buah kersen juga menjadi camilan buah yang menyenangkan karena rasanya manis. Belum lagi rasa senang yang anda dapatkan ketika memanjat pohon tingginya untuk memetik buah-buah kersen yang tersebar di berbagai cabang pohonnya.

Walaupun buah kersen atau talok memiliki banyak manfaat, sayangnya berbanding terbalik dengan orang-orang yang tidak mengetahui banyak manfaatnya. Dalam artikel ini akan dijelaskan kandungan-kandungan dalam buah kersen dan juga manfaatnya dalam menaikkan tingkat kesehatan tubuh.

Kandungan Buah Kersen Beserta Fungsinya

Buah kersen adalah buah favorit untuk dikonsumsi sebagai cemilan, tidak hanya bagi anak-anak saja namun juga orang dewasa. Setiap orang pasti sudah pernah mencoba memakan buah kersen setidaknya satu kali seumur hidupnya. Sayangnya karena pohon kersen sudah dicap sebagai tanaman liar, banyak orang yang meremehkan tanaman yang satu ini padahal ada banyak sekali kandungan nutrisi di dalam buahnya.

Dalam berbagai penelitian dikatakan bahwa buah kersen memiliki banyak nutrisi yang mampu meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. Contoh kandungannya adalah tanin, flavonoid, asam askorbat, niasin, betakaroten, serat, saponin, triterpene dan polifenol. Nah, berikut adalah manfaat buah kersen dari kandungan-kandungan tersebut.

  1. Antioksidan

Manfaat ini didapatkan buah kersen dari kandungan flavonoidnya seperti flavon, flavan, flavonon dan juga flavan. Selain sebagai antioksidan, senyawa-senyawa flavonoid juga bisa digunakan sebagai anti mikroba, merangsang proses pembentukan estrogen dan juga sebagai anti hipertensi.

  1. Anti radang

Manfaat anti radang datang dari kandungan saponin dalam buah kersen. Senyawa saponin adalah sebuah glikosida alami yang berikatan dengan steroid alkaloid maupun triterpene yang memiliki efek farmakologi seperti anti tumor, imunomodulator dan juga anti radang.

  1. Sumber vitamin c

Seperti buah bidara, buah kersen juga memiliki banyak kandungan Vitamin C yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh karena dapat menangkal radikal bebas serta menjaga tubuh dari tanda-tanda penuaan dini.

Manfaat Buah Kersen Dalam Penyembuhan Penyakit

Begitu banyak kandungan senyawa dalam buah kersen, tentunya banyak juga manfaat buah kersen untuk membantu menyembuhkan penyakit. Nah, berikut adalah beberapa manfaat buah kersen dalam membantu penyembuhan penyakit-penyakit dalam tubuh.

  1. Pilek dan flu

Pilek dan flu adalah dua penyakit yang paling sering diderita masyarakat Indonesia, terutama ketika musim hujan. Salah satu kandungan dalam buah kersen yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ketika sedang sakit adalah Vitamin C. Dengan mengkonsumsi Vitamin C, tubuh akan terbantu karena dapat mempercepat proses penyembuhan.

  1. Gula darah

Walaupun buah kersen memiliki rasa yang manis, namun ternyata buah kersen dapat membantu mengontrol gula dalam darah terutama untuk penderita diabetes. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine tahun 2011, terjadi penurunan kadar gula dalam darah yang cukup signifikan setelah subyek uji diberikan 500 mg ekstrak buah kersen. Penelitian ini menunjukkan bahwa buah kersen memiliki potensi untuk membantu menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes.

  1. Pencernaan

Dilansir dari Medical Daily, buah kersen memiliki potensi untuk mengobati sakit perut seperti maag dan juga GERD. Dalam penelitian yang diterbitkan Clinical and Experimental Pharmacology tahun 2012, ekstrak buah kersen mampu mengurangi pembentukan ulkus dalam lambung dan memberikan lapisan tambahan untuk melindungi mukosa lambung.

  1. Asam Urat

Kondisi peradangan yang parah disebabkan oleh asam urat yang menumpuk hingga akhirnya mengkristal pada bagian-bagian sendi tubuh. Kondisi tersebut menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Dengan buah kersen, gejala-gejala yang diakibatkan oleh penyakit asam urat dapat diturunkan. Karena buah kersen dapat membantu mengurangi asam urat yang menumpuk pada persendian.

  1. Kesehatan jantung

Tidak hanya buah kersen, daun kersen juga bermanfaat terhadap Kesehatan jantung. Karena daun dan buah kersen mampu membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh sehingga mampu membantu meringankan kerja jantung. Mengkonsumsi daun dan juga buah kersen dapat membantu anda agar terhindari dari penyakit-penyakit kardiovaskuler.

Setelah membaca penjelasan diatas, tentu anda sadar bahwa ternyata tanaman liar yang sering anda temui di pinggir jalan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apabila anda menemukan pohon kersen atau pohon talok, jangan segan-segan untuk memetik buahnya dan mengkonsumsinya. Jika anda ingin mendapatkan manfaat tambahan dari tanaman-tanaman lainnya selain pohon kersen, anda bisa mencari tahu informasinya hanya di seruni.id.