Ikuti Belajar Tentang “Verb” Disini! Supaya Cepat Menguasai Grammar

Belajar grammar bahasa inggris sesungguhnya menyenangkan dan mudah dilakukan. Meskipun banyak sekali bentuk tenses yang harus kalian pahami dan hafalkan. Itulah bahasa Inggris yang mewajibkan setiap orang untuk menggunakan berbagai jenis tenses. Karena dari tenses itulah dapat dilihat kejadian sesungguhnya. Entah bentuknya sedang terjadi, akan terjadi, telah terjadi. Pastinya siapa saja menjadi paham akan maksud tersembunyi dalam susunan kalimat. Disitulah sebenarnya seni dalam bahasa Inggris. Yang mana sistem bahasanya jarang ditemui pada bahasa non Inggris

Meskipun kesannya sulit, sesuai aturan tata bahasa. Umumnya bertuliskan¬† S+P+O+…. bagi pemula terkadang menjadi berat mempelajari lebih lanjut lagi. Sebagai akibat dari teknik pembuatan kalimat yang sedemikian itu. Buang jauh rasa malas, sulit atau bingung. Jangan resah ingin memulai dari mana. Kini risau hati yang seperti itu tak akan muncul. Maka dari itu mulai saja belajar dari verb atau kata kerja. Tidak perlu dipusingkan urusan grammar, tenses dan lainnya. Mulai saja mempelajari bagian dasarnya. Dalam artikel ini dimulai dari verb.

Mengenal Verb Lebih Dekat Sebagai Sarana Belajar Mudah

Sebelum mendalami bahasa Inggris lebih jauh lagi. Langkah awal dengan mempelajari verb. Sebenarnya verb itu apa sih? Bagaimana penerapannya? Verb mengandung pengertian kata kerja. Kalau kata kerja digunakan dalam tata bahasa Indonesia bentuknya tetap. Lain halnya dengan pemakaian pada bahasa Inggris. Verb akan berubah mengikuti waktu. Dengan kata lain digunakan untuk kepentingan berbeda. Merujuk pada tenses yang ada. Karena kegunaannya yang begitu krusial. Kalian wajib tau jenis dari verb itu sendiri. Ada 4 macam kata kerja yang sering digunakan. Keempat jenis itu antara lain: verb 1 untuk present tense, verb 2 berperan dalam kalimat past tense, verb 3 digunakan di past participle, dan terakhir verb-ing atau dikenal dengan nama present participle.

stocksnap.io

Berbagai Jenis Verb Yang Ada Dalam Bahasa Inggris

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa verb itu punya tingkatan yang berbeda. Setiap tingkat memiliki peran masing-masing. Sehingga saat digunakan tidak akan ada terjadi ketidakcocokan. Jenisnya memang ada empat dengan kegunaan berbeda. Mulai dari simple present tense.

  1. Bentuk Kata Kerja Pertama

Kata kerja pertama ini dikenal dengan sebutan V1 atau present. Kata kerja tersebut masuk dalam bentuk asalnya. Bahkan banyak yang menggunakan dalam bentuk kalimat simple present tense. Ketika digunakan kata kerja ini tak mengalami perubahan. Bentuk asalnya dipertahankan. Hanya saja kalau diaplikasikan dalam tenses. Maka bagian belakang kata selalu diakhiri dengan s/es/ies. Kata tersebut dipakai sebagai subyek orang ketiga jenis singular. Umumnya ditulis dengan bentuk he, she, it. Contoh kata kerja pertama yakni sleep-sleeps, go-goes, cry-cries, study-studies dan banyak lainnya.

 

Verb dalam tenses ini ditulis tetap karena kegiatan yang dilakukan terjadi pada waktu dan hari itu juga. Jadi bentuk penulisan tidak ditemukan perbedaan. Mudah sekali diingat bukan cara menulis dan kegunaannya?

  1. Bentuk Kata Kerja Kedua

Jenis kata kerja ini masuk dalam tipe past tense. Dalam artian sudah berlangsung pada waktu lampau kegiatannya. Sehingga penulisan verb memang harus dirubah. Simple past tense akan lebih banyak memakai verb 2 (V2). Selain itu verb 2 terdiri dari dua jenis. Nama dari verb itu yakni regular verb (kata kerja tak beraturan) dan irregular verb (kata kerja beraturan). Contoh dari reguler verb antara lain: call-called, clean-cleaned, enjoy-enjoyed dan lainnya. Sedangkan irregular verb mempunyai contoh sebagai berikut: begin-began, eat-ate, speak-spoke,dan lain-lain. Beda bukan keduanya? Tetapi fungsinya sama tetap merujuk pada aktivitas masa lampau.

stocksnap.io
  1. Bentuk Kata Kerja Ketiga

Bentuk kata kerja ini dikenal dengan nama verb 3. Sedangkan dalam bentuk tenses sering dipakai dalam kalimat past participle. Kegunaannya lebih sering dipakai pada passive voice, serta perfect tense. Aturan penulisan  kata kerja ini sama seperti verb 2 pada simple past tense. Ada dua jenis yakni reguler verb dan irreguler verb. Supaya lebih enak lagi pemahamannya. Berikut akan disajikan contohnya: reguler verb yakni achieve-achieved, play-played, visit-visited serta lainnya. Lalu untuk irreguler verb contohnya berupa: choose-chose, take-took,do-did, go-went dan lainnya.

  1. Bentuk Kata Kerja Sedang atau Verb-ing

Bentuk kata kerja ini disebut sebagai verb-ing. Kalau dalam bentuk tenses disebut present participle. Biasanya kata kerja bentuk ini dipakai untuk kalimat continuous tense. Ketika digunakan pada sebuah kalimat, maka kata kerja akan diawali dengan auxiliary verb. Istilahnya diawali kata kerja bantu berbentuk be yakni am, is, are, was, were. Sebagai contoh kata kerja yang ini antara lain: walk-walking, sing-singing, read-reading, cook-cooking, lain-lain. Kalau dimasukkan dalam suatu kalimat contohnya seperti ini:

  1. She is reading magazine
  2. They were playing basketball
  3. He is riding motorcycle

Itulah aneka bentuk kata kerja atau verb yang sering dipakai dalam tenses. Semua disesuaikan dengan kondisi terjadinya. Jadi Anda dapat menyesuaikan dengan jenis kata kerja yang semestinya. Tidak sampai salah tempat. Semoga ringkasan pengetahuan tentang verb yang dipaparkan di atas dapat menambah pengetahuan. Sehingga tidak ada lagi istilah sulit, rumit, bosan belajar grammar. Dimulai dari materi sederhana sudah bisa mewakili semuanya.