Skip to content

4 Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim Profit Menjanjikan

  • by

 

Ide usaha kreatif sekarang ini sedang banyak dicari oleh para pebisnis baik pemula atau yang sudah lebih dulu berkecimpung dalam dunia bisnis. Seiring berkembangnya zaman, manusia modern semakin kreatif saja dalam mengembangkan suatu usaha yang menguntungkan. Prinsipnya adalah modal yang dikeluarkan kecil, tetapi mampu memperoleh pemasukan yang besar. Bagaimana bisa?

Saat ini, sudah banyak ide bisnis dengan modal kecil yang bisa Anda lakukan, mulai dari hanya memanfaatkan kemampuan kreativitas tangan hingga penggunaan teknologi seperti smartphone untuk bekerja secara online. Apa saja itu? Simak 4 usaha kreatif yang saat ini cukup menjanjikan untuk Anda jalankan.

Ide Usaha Kreatif dengan Modal Kecil Tetapi Menguntungkan

Desain Case Handphone

Anak milenial sekarang ini selalu ingin tampil hits di depan satu sama lain, contohnya dalam hal mode atau style. Salah satu aksesoris penting yang dapat menunjang penampilan mereka adalah handphone dengan casing catchy.

Tentunya, Anda dapat memanfaatkan momen ini dengan membuka usaha desain case Handphone. Buatlah desain yang kreatif sebagai sample, seperti desain dengan tulisan, corak, hingga bergambar.

Souvenir Pernikahan

Ide usaha kreatif kedua adalah membuka toko souvenir pernikahan. Anda pasti pernah mendapatkan souvenir setelah menghadiri acara pernikahan teman atau keluarga. Nah, cinderamata semacam ini akan sangat diperlukan untuk momen pernikahan seseorang. Jika Anda mampu membuat souvenir dengan desain kreatif, harga terjangkau, dan tampak elegan, pasti ada banyak orang yang akan melirik produk Anda.

Untuk membuka usaha ini, Anda perlu merencanakan dengan matang mengenai bagaimana desain souvenir yang menjadi ciri khas dari produk Anda. Salah satu inspirasi usaha souvenir yang sudah sukses adalah “Biebie Gift” yang menjual cinderamata berupa bingkai foto hingga pouch earphone. Setelah mengetahui ciri khas produk, Anda bisa mematok harga per produknya serta jumlah minimal order.

Bisnis Tata Rias

Bagi Anda yang memiliki skill dalam merias, Anda bisa membuka usaha tata rias dengan membeli kosmetik yang memiliki harga terjangkau namun berkualitas. Tentu hobi Anda ini bisa sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin merias wajah untuk berbagai acara seperti pernikahan hingga wisuda.

Anda bisa melakukan promosi secara online melalui sosial media yang Anda miliki. Buatlah poster menarik untuk di posting, jangan lupa sertakan harga hingga gambar seseorang yang sudah Anda rias sebagai sample. Jika hasil rias Anda bagus dan kreatif, Anda bisa memperoleh banyak klien dari berbagai daerah,

Jasa Desain

Ide usaha kreatif terakhir adalah membuka Jasa Desain. Bisnis ini sekarang sedang sangat booming karena jika Anda memiliki kemampuan desain foto yang kreatif, maka orang lain tidak segan-segan memesan desain dari Anda. Desain di sini bisa berupa desain foto, banner, poster, undangan, hingga logo.

Untuk bisa membuka usaha ini, Anda hanya perlu menyiapkan laptop, printer, dan aplikasi desain. Untuk percetakan yang lebih tinggi seperti banner, Anda perlu melakukan kerja sama dengan pihak percetakan banner agar memperoleh harga yang murah.

Di momen wisuda, pernikahan, hingga acara ulang tahun, kado foto desain biasanya juga lebih banyak diminati karena memiliki nilai yang berbeda. Tentu, hal ini harus Anda manfaatkan dengan baik.

Ketahui Beberapa Tips Memulai Bisnis dari Nol

Tentukan Bisnis yang Menjanjikan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan bisnis apa yang ingin digeluti. Pastikan bisnis tersebut menjanjikan dan sesuai dengan kemampuan Anda. Bisnis yang sesuai passion biasanya dapat bertahan dalam waktu yang lama karena Anda menyukai aktivitas yang Anda lakukan.

Siapkan Bujet yang Dibutuhkan

Selanjutnya adalah menyiapkan bujet yang sudah Anda estimasikan. Catat semua kebutuhan yang Anda perlukan untuk memulai bisnis dan apa saja yang memerlukan biaya. Dari situ Anda akan mengetahui estimasi total biaya yang harus Anda keluarkan.

Buat Strategi Pemasaran

Setiap usaha tentu memerlukan strategi untuk memancing pelanggan. Salah satu strategi yang dapat Anda lakukan adalah membuat poster atau banner yang menunjukkan usaha yang sedang Anda geluti. Bagikan gambar poster ke sosial media untuk tujuan promosi. Jika Anda membuat banner, Anda bisa memasangnya di depan rumah.

Itulah beberapa ide usaha kreatif dan tips memulainya. Jika Anda sudah memulai bisnis, jangan pernah puas dengan hasil yang diperoleh. Lakukan perbaikan dan peningkatan secara berkala sehingga usaha Anda tidak hanya stagnant di tempat.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari jasa desain untuk pengembangan bisnis Apkreasi.com adalah solusinya. Apkreasi.com menyediakan beragam desain yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan bisnis. Jadi tunggu apalagi? Segera pesan dan lakukan promosi yang lebih maksimal. Selamat mencoba!

 

 

Tags: