Jenis Layanan Hosting Berdasarkan Penggunaannya

Untuk Anda yang ingin membuat website, penting sekali untuk tahu apa saja jenis layanan hosting. Apalagi hal ini memiliki pengaruh cukup besar terhadap perkembangan website ke depannya. Selain itu hal ini erat kaitannya juga dengan layanan hosting yang cocok serta sesuai dengan website itu sendiri.

Untuk Anda yang masih baru mulai terjun, saya yakin masih ada kegamangan terkait dengan hal seperti ini. Mungkin saja Anda baru saja tahu apa itu hosting. Sekarang sudah dituntut untuk memilih jenis dari layanan hosting itu sendiri.

Nah, perlu Anda ketahui jika ada cukup banyak jenis layanan dari hosting itu sendiri. Dan Setiap layanan hosting memiliki keunggulannya masing-masing. Dan yang paling penting lagi adalah beda jenis website, akan berbeda pula jenis layanan yang cocok digunakan.

Untuk itulah pertama-tama Anda harus tahu terlebih dahulu semua jenis dari layanan hosting itu sendiri. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah ulasan singkat tentang jenis layanan dari hosting.

Shared Hosting

Untuk Anda yang masih pemula, shared hosting ini termasuk jenis dari layanan hosting yang cocok untuk dipilih. Secara harga, layanan hosting ini pun bisa dikatakan sanga terjangkau. Itulah kenapa dikatakan sangat cocok untuk mereka yang baru ingin mulai terjun ke dunia website.

Dalam istilah lain, shared hosting sering juga disebut dengan layanan hosting berbagai. Hal ini dikarenakan dalam satu server ada beberapa domain lain dengan IP yang sama. Atau bahasa sederhananya adalah dalam satu mesin digunakan secara bersama-sama.

Reseller Hosting

Jenis layanan hosting berikutnya adalah reseller hosting. Secara umum, layanan hosting ini hampir sama dengan shared hosting. Yang membedakannya adalah layanan hosting ini sudah dilengkapi dengan beberapa software agar bisa dijual lagi.

Itulah kenapa layanan hosting ini dikatakan sangat cocok untuk Anda yang ingin membuka bisnis paket web hosting. Sebab tujuan utamanya memang untuk dijual kembali.

VPS (Virtual Private Server) Hosting

Pada dasarnya VPS Hosting pun masih mengharuskan penggunanya untuk berbagi server dengan pengguna yang lain. Meskipun demikian ada hal mendasar yang membuatnya berbeda.

Pasalnya dalam hal ini penyedia web hosting sudah mengalokasikan bagian khusus di server untuk para penggunanya. Artinya dalam hal ini sebagai pengguna Anda diberikan space server yang dedicated.

Selain itu Anda akan diberikan sejumlah power computing dan memory. Itulah alasannya para pengguna website bisnis dengan traffic tinggi sering memilihnya. Apalagi secara harga pun masih cukup terjangkau.

WordPress Hosting

Secara mudahnya WordPress Hosting bisa disebut juga dengan Shared Hosting. Hanya saja layanan hosting ini khusus dibuat untuk para user Website WordPress. Artinya server memang dikonfigurasi khusus untuk WordPress.

Selain itu, website-nya pun sudah dilengkapi dengan pre-installed plugin untuk hal-hal yang sangat penting. Misalnya saja seperti keamanan dan caching. Wajar saja jika kini banyak yang memilihnya.

Sering kali paket WordPress pun sudah menyertakan beberapa fitur tambahan penting lainnya. Mulai dari tema WordPress yang sudah pre-designed. Toll Developer yang sanga spesifik. Drag-and-drop page builder, dan lain sebagainya.

Cloud Server

Cloud Server bisa dikatakan sebagai layanan teknologi gabungan dari komputer dan jaringan berbasis internet. Atau bahasa sederhananya, internet dijadikan pusat server dalam pengelolaan data.

Pada saat visitor website bertambah banyak, secara otomatis traffic website pun akan tinggi, bahkan bisa membludak. Di sinilah kenapa Anda butuh layanan hosting seperti Cloud Server ini. Pasalnya layanan hosting ini memiliki kapasitas yang lebih besar.

Dedicated Server

Untuk Anda yang ingin memiliki kontrol penuh pada server hosting, maka dedicated hosting adalah pilihannya. Dengan membeli paket dedicated hosting maka sama saja menyewa satu mesin server. Itulah kenapa layanan hosting ini sering disebut sebagai level tertinggi dari paket hosting di pasaran umum.

Namun untuk menyewa dedicated server, sudah pasti sangat mahal. Namun jika memang website memang sudah membutuhkannya, tampaknya Anda harus mempertimbangkan untuk memiliki sebuah server sendiri.

Secara umum, itulah beberapa jenis layanan dari hosting. Meskipun sebenarnya masih ada beberapa layanan lain yang belum bisa dibahas di sini. Namun untuk Anda ingin membuat sebuah website, tampaknya pengetahuan itu sudah lebih dari cukup.

Apalagi kini Anda pun semakin dimudahkan dengan cukup banyaknya sumber informasi terkait dengan hal ini. Misalnya saja seperti yang ada di Hosting Indonesia. Dan semoga ulasan singkat tentang jenis layanan hosting ini bisa sedikit memberikan pencerahan.