Kacang Mete

Ada yang sering menikmati manisnya cokelat dengan garing dan gurihnya kacang di dalam cokelat? Ya, itulah kacang mete atau biasa dikenal juga dengan sebutan kacang mede. Kacang mete sering digunakan sebagai isian cokelat batangan atau untuk pemanis kue kering. Tidak jarang, kacang mete juga dimakan sebagai kudapan tanpa tandem apapun.

Rasanya begitu khas, ada rasa gurih yang begitu kuat, asin yang cukup terasa, dan manis yang samar-samar. Jika diolah dengan benar, kacang mete akan terasa begitu renyah sejak gigitan pertama. Bukan hanya rasanya yang disukai dan cocok di lidah banyak orang, manfaatnya juga sangat banyak, seperti menjadi sumber energi yang baik, menjaga kesehatan tulang, mencegah anemia, serta jantung.

Hal ini karena kacang mete memiliki kandungan nutrisi yang beragam, meski rendah serat. Kandungan yang dibawanya adalah bitamin, mineral, antioksidan, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, dan masih banyak lagi, termasuk juga mineral lengkap di dalamnya. Sehingga, wajar jika kacang mete juga biasa digunakan sebagai kacang diet atau kacang untuk kesehatan.

Namun, tahukah Anda, kacang mete sebetulnya tidak termasuk golongan kacang-kacangan? Kacang mete rupanya berasal dari buah jambu monyet yang bentuknya seperti lonceng yang biasanya memiliki panjang sekitar 5 cm. Buah ini memiliki ekor yang melengkung di bagian bawahnya. Nah, ujung buah ini adalah bijinya yang bisa diolah menjadi kacang mete.

Cara pengolahannya adalah dengan memisahkan biji. Buah jambu yang sudah matang akan dipisahkan biji dari buahnya. Tahap selanjutnya adalah pengeringan biji buah jambu monyet. Setelah dikeringkan, bijinya dipanggang atau digoreng dan jadilah kacang mete. Kacang mete yang sudah berbentuk kacang kering, bisa diolah menjadi berbagai macam panganan menarik.

Di Indonesia, paling sering kacang mete dikonsumsi sebagai kudapan iseng. Hal ini tentunya baik dilakukan, karena kandungan kacang mete yang baik bagi tubuh. Bahkan, kacang mete juga seringkali dikaitkan dengan kudapan pengubah mood agar lebih baik karena kandungan triptofan yang menghasilkan hormorn serotonin.