Tantangan yang Akan Anda Hadapi Ketika Memulai Bisnis Laundry Sepatu

Tertarik untuk menjalankan bisnis laundry sepatu? Laundry pakaian sudah menjamur di mana saja. Yang masih ada peluang untuk Anda masuki adalah laundry untuk produk sepatu. Trendnya naik meskipun tidak signifikan.

Kebanyakan bisnis laundry yang satu ini ada di daerah perkotaan besar. Mereka yang menjadi pelanggan adalah anak-anak milenial yang suka memakai sepatu kasual. Karena bagi mereka sepatu sangat menunjang penampilan.

Itulah mengapa mereka tidak main-main saat memilih sepatu. Mereka rela merogoh kocek sangat dalam sekalipun agar bisa memiliki sepatu kece yang lagi popular. Di sisi lain, mereka juga tidak sembarangan dalam melakukan perawatan. Mereka menyerahkan perawatan sepatu pada ahlinya, yaitu penyedia jasa laundry sepatu.

Tantangan dalam Memulai Bisnis Laundry Sepatu

Pixabay.com

Demand-nya memang ada. Apalagi Anda berada di kota di mana anak-anak muda suka memakai sepatu sneaker branded. Mereka lah calon konsumen Anda.

Akan tetapi, Anda harus siap. Menjalankan bisnis laundry sepatu itu tidak sama dengan laundry pakaian. Segmen pasar laundry sepatu itu sangat sempit. Jangan bandingkan dengan segmen pasar laundry pakaian yang sangat luas.

Untuk itu, ada beberapa tantangan yang harus siap Anda hadapi. Apa saja itu?

  1. Membangun Awareness

Sebenarnya, tidak jauh beda ketika Anda membuka bisnis apapun. Namanya memulai bisnis, maka Anda harus membangun awareness. Artinya, Anda harus membuat banyak orang sadar bahwa Anda sedang menawarkan jasa perawatan sepatu.

Hanya saja, membangun awareness bisnis laundry produk sepatu ini jauh lebih sulit. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pangsa pasar sangat kecil. Segmented sekali.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Memang segmen pasar bisnis Anda kecil. Akan tetapi, membangun awareness harus seluas mungkin dan tetap tertarget. Anda harus membangun awareness kepada orang-orang yang suka dengan style. Target semua anak muda meskipun sangat kecil sekali menjadi pelanggan laundry Anda. Ini menjadi penting karena barangkali saja mereka pada saat itu belum tahu pentingnya merawat sneaker. Setidaknya mereka sudah tahu ada laundry khusus untuk sepatu. Ini yang terpenting.

  1. Edukasi Calon Konsumen

Tantangan selanjutnya adalah melakukan edukasi. Banyak yang percaya bahwa sepatu memang harus dibersihkan dan dicuci. Namun, yang jadi masalah adalah banyak dari mereka yang tidak merasa penting untuk membawa sepatu ke laundry. Pasalnya, mereka bisa mencuci sendiri.

Mereka itulah orang yang perlu diedukasi. Mereka harus dijelaskan perawatan seperti apa yang Anda berikan. Jelaskan kenapa perawatan sepatu di laundry milik Anda bisa membuat sepatu tetap awet meskipun sudah lama digunakan. Jelaskan juga bagaimana sepatu mereka bisa terlihat seperti baru lagi jika dicuci di tempat laundry Anda.

Proses edukasi adalah proses meyakinkan bahwa laundry sepatu milik Anda memberikan banyak value dari sekedar mencuci sepatu di rumah. Itu poinnya.

  1. Menawarkan Layanan dan Value

Tantangan selanjutnya adalah memberitahu apa layanan yang Anda berikan. Mungkin Anda perlu menjelaskan produk sabun cuci sepatu yang Anda gunakan itu spesial. Jelaskan juga bagaimana layanan laundry Anda membuat sepatu yang dulunya terlihat kusam menjadi kinclong. Sepatu yang dulunya bau sekarang menjadi wangi.

Itulah beberapa tantangan yang harus Anda cari jawabannya. Jika Anda yakin mampu mengatasi tantangan tersebut, Anda akan sukses memiliki bisnis laundry sepatu.

Tips Sukses Bisnis Laundry Sepatu

Pixabay.com

Untuk mempermudah Anda dalam proses memulai bisnis laundry khusus sepatu, ada beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan untuk diterapkan:

  1. Siapkan Produk Penetrasi

Apa itu produk penetrasi? Ini adalah produk awal yang orang-orang sudah familiar sehingga Anda tidak perlu lelah menawarkan layanan utama. Produk penetrasi ini sebagai produk awal sebelum Anda tawarkan layanan utama, yaitu jasa cuci sepatu.

Apa penetrasi apa yang bisa Anda gunakan? Misalnya saja Anda jualan sneaker keren. Secara otomatis, mereka yang datang membeli sneaker adalah orang yang suka sneaker. Ada potensi di mana mereka bisa Anda tarik menjadi pelanggan laundry sepatu Anda nantinya.

  1. Siapkan Media Sosial

Kebanyakan pelanggan laundry khusus sepatu adalah anak-anak muda yang suka sneaker. Untuk itu, manfaatkan media sosial sebagai media promosi.

  1. Siapkan Campaign yang Efektif

Buat campaign yang efektif mengumpulkan calon konsumen Anda. Ingat, target market Anda adalah anak-anak muda yang suka style dan sepatu. Anda bisa buat acara konser band indie. Di sanalah Anda bisa mengumpulkan anak-anak muda sambil Anda promosi usaha laundry.

Jadi, siap untuk menjalankan laundry sepatu? Yang pasti, siapkan dulu parfum laundry nya. Karena inilah yang akan menjadi pembeda antara sepatu yang dicuci sendiri dengan sepatu yang dicuci di laundry.