Manfaat Bubur Manado yang Baik Untuk Kesehatan

Di era modern seperti saat ini siapa sih yang tidak pernah mendengar dan kenal bubur Manado? Bubur ini merupakan salah satu bubur asli dari Manado, Sulawesi Utara. Menawarkan cita rasa yang nikmat membuat banyak orang suka dengan bubur Manado. Bubur ini terbuat dari jagung, labu, singkong dan kaya akan sayuran.

Bubur Manado ini disajikan dengan sambal bakasang, salah satu sambal yang menggunakan bahan utama terasi dari ikan. Untuk membuat bubur ini semakin kaya rasa ditambahkan juga ikan asin yang sudah digoreng renyah.

Bubur Manado sangat cocok dinikmati saat kondisinya masih hangat. Memang makanan khas kota Manado ini sangat enak dan menyehatkan. Kenikmatan yang ditawarkan oleh makanan ini sudah populer di kalangan luas. Olahan bubur ini memang sangat praktis dan sederhana dan mudah dibuat.

Apabila anda tertarik untuk menjalankan usaha dibidang kuliner, maka menjalankan usaha jual bubur Manado menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sebagai olahan makanan yang sehat, makanan ini pastinya banyak sekali peminatnya.

Keuntungan yang anda dapatkan dari jualan bubur Manado juga sangat menjanjikan. Tinggal anda mampu menawarkan olahan bubur Manado yang nikmat dengan harga yang lebih bersahabat. Terlebih peluang untuk menjalankan usaha jualan bubur Manado ini masih sangat luas bagi anda yang mau terjun di bidang usaha. Terlebih untuk menjalankan usaha ini anda tidak perlu modal yang besar.

Manfaat Mengkonsumsi Bubur Manado

Pixabay.com

Selain menawarkan cita rasa yang lezat, bubur Manado ini sangat baik untuk menjaga kesehatan. Terbuat dari berbagai campuran sayuran, ikan asin  dan sambal, tentu hidangan ini sangat menggugah selera. Makanan ini sangat cocok disantap sebagai menu sarapan. Sangat cocok untuk sarapan karena bubur ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Banyak pakar kesehatan yang menyatakan kalau bubur Manado merupakan salah satu makanan yang memiliki gizi cukup komplit. Pada bubur ini terdapat campuran jagung, beras, ubi kayu, sayuran, kemangi dan bumbu dapur sebagai pelengkap. Cara membuat bubur Manado pun sangat mudah untuk dipraktekkan. Sehingga anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Sayuran yang digunakan untuk membuat bubur Manado ini pun kaya akan serat dan antioksidan. Tentunya makanan yang tinggi serat ini sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Setiap mangkok bubur Manado ini mengandung 250 sampai 300 kalori sehingga sangat cocok untuk menambah energi di pagi hari.

Untuk menambahkan sumber protein anda bisa menambahkan telur rebus. Untuk menambah serat anda bisa menambahkan sayur. Terlebih kandungan beta-karoten pada sayuran ini akan menjadi sumber antioksidan yang bisa membuat kulit menjadi bagus.

Ada sesuatu yang menarik terjadi di Sulawesi Utara, banyak masyarakat yang mengkonsumsi bubur Manado pada bulan Januari. Hal ini dikarenakan bubur Manado ini sangat efektif untuk menghancurkan lemak dan unsur jahat yang sudah anda konsumsi di akhir tahun.

Cara Membuat Bubur Manado yang Gurih

Pixabay.com

Apabila saat ini anda tertarik untuk membuka usaha bubur Manado, walau anda bukan asli orang Sulawesi maka tidak perlu khawatir. Saat ini akan dijelaskan mengenai resep dan cara membuat bubur Manado  yang mudah dan lezat. Sebelum memulai untuk memasak maka anda perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bubur Manado.

  1. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan:
  • Beras 150 gr
  • Air 2 liter
  • Garam 1 sdm
  • Labu kuning 100 gr dipotong kotak lalu dikukus
  • Ubi merah 100 gr potong kotak lalu dikukus
  • Jagung manis 150 gr dipipil kemudian direbus
  • Daun bayam 1 ikat
  • Daun kangkung 1 ikat
  • Daun kemangi 3 tangkai
  • Daun kunyit
  • 3 buah serai, memarkan
  • 2 batang daun bawang lalu iris secara halus
  • 3 siung bawang putih cincang
  • Merica bubuk
  • Kaldu bubuk
  1. Bahan-bahan pelengkap yang dibutuhkan :
  • Menambahkan ikan gabus asin 150 gr yang digoreng, dipotong kotak. Sambal terasi/sambal dabu-dabu.
  1. Proses membuat bubur Manado :
  1. Langkah pertama silahkan memasak beras dengan dicampur ubi kuning, jagung pipil, yang sudah dipotong potong kecil. Kemudian tambahkan juga serai dengan air sekitar 1000 ml. Nah, untuk memasaknya membutuhkan waktu sekitar 1 jam.
  2. Sambil menunggu bubur matang maka anda bisa mengukus labu sampai empuk. Setelah itu silahkan potong labu tersebut sebagian saja. Sementara bagian lainnya silahkan tumbuk secara kasar. Kemudian masukkan pada bubur.
  3. Setelah singkong atau ubi sudah empuk maka anda bisa menambahkan air 250 ml. tambahkan juga garam, merica, daun kunyit, dan sayuran kangkung. Tambahkan juga minyak goreng satu sendok, dan daun kemangi secukupnya. Tunggu sampai matang dan matikan kompornya.
  4. Bubur Manado pun siap disajikan dalam mangkok besar atau piring. Untuk menambah kenikmatan silahkan menambahkan toping berupa ikan gabus asin goreng bersama sambal terasi.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi bubur Manado. Sebagai bubur organik sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari terlebih untuk sarapan. Bahan-bahan alami yang ada pada bubur memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Semoga penjelasan ini bisa memberikan banyak manfaat dan menambah pengetahuan anda untuk menjalankan usaha bubur Manado yang nikmat.