Menilik Manfaat dari Pohon Kelapa

Kelapa adalah salah satu pohon yang mudah tumbuh di Indonesia terutama di daerah pesisir. Pohon ini bisa tumbuh menjulang hingga 30 m. Setiap pohon bisa menghasilkan banyak buah kelapa yang nantinya dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Terlebih kelapa juga dikenal sebagai salah satu pohon yang memiliki banyak kegunaan di setiap bagiannya.

Salah satu manfaat dari kelapa adalah daging buahnya yang memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Beberapa nutrisi yang ada dalam daging buah kelapa adalah protein, karbohidrat, lemak, antioksidan, mineral, dan vitamin. Oleh karena itu, daging buah kelapa banyak dimanfaatkan untuk kecantikan, bahan makanan, dan obat. Sementara itu, air buah kelapa juga mengandung banyak kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin C, dan serat. Mengkonsumsi air buah kelapa dapat membantu untuk mencegah diabetes, batu ginjal, radikal bebas, tekanan darah, dan dehidrasi. Air buah kelapa juga bisa berperan sebagai antioksidan.

Minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti bahan untuk memasak, kondisioner alami untuk rambut, pelembab kulit, dll. Bahkan kulit buah kelapa bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan dan peralatan makanan tradisional. Daun buah kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Selain itu, daun buah kelapa juga dimanfaatkan untuk atap rumah di beberapa daerah. Kayu pohon ini bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan dan furnitur.