Model Taman Depan Rumah

Kehadiran taman di depan rumah dapat memberikan kesan menyegarkan. Namun, tidak semua rumah dapat dihiasi dengan taman di depan rumah, terutama rumah-rumah yang tidak memiliki halaman.

Contoh Model Taman untuk Depan Rumah

Walau begitu, ada banyak model taman depan rumah yang dapat diwujudkan meski dengan halaman yang terbatas. Contoh model taman untuk depan rumah adalah sebagai berikut.

  1. Taman Vertikal

Seperti namanya, taman vertikal atau vertical garden adalah model taman dibuat secara vertikal atau ke atas, tidak seperti model taman pada umumnya yang dibuat dalam bidang horizontal.

Taman dengan model ini dapat dibuat dalam bidang vertikal sehingga Anda tidak akan membutuhkan banyak ruang untuk membuatnya. Anda dapat memanfaatkan dinding kosong yang ada di halaman sebagai taman depan rumah.

Untuk membuat taman vertikal, Anda harus mempersiapkan pot-pot kecil yang telah diisi tanaman hijau serta kayu atau besi sebagai penyangga agar tanaman tidak jatuh. Setelah alat dan bahan siap, gantungkan pot-pot tersebut pada kayu atau besi penyangga yang telah disediakan.

Agar taman vertikal Anda tampak lebat dan tumbuh menghijau, sebaiknya Anda memilih tanaman hijau yang daunnya dapat tumbuh memanjang.

  1. Pot Gantung

Selain taman vertikal, Anda yang tidak memiliki cukup halaman untuk membuat taman juga dapat menggunakan pot gantung sebagai pengganti taman di depan rumah. Dengan menggantungkan pot-pot berisi tanaman hijau, rumah Anda akan tampak hidup dan asri.

Sebelum membuat pot gantung, sebaiknya Anda memilih pot yang berukuran kecil dan penggantung yang kuat agar pot tidak mudah jatuh, misalnya menggunakan rantai besi. Pastikan bahwa Anda menggantung pot-pot tersebut jauh dari jangkauan anak jika Anda memiliki anak yang aktif di luar rumah.

  1. Taman Ala Jepang

Bagi Anda yang ingin memiliki taman depan rumah namun tidak memiliki banyak waktu untuk merawat taman tersebut, Anda dapat menerapkan model taman depan rumah ala Jepang. Taman ala Jepang identik dengan elemennya yang sederhana seperti pohon, semak-semak, rerumputan dan bebatuan.

Masing-masing elemen tersebut tergolong sederhana dan tidak membutuhkan perhatian intensif. Namun, dengan adanya taman ala Jepang di depan rumah, nuansa asri dan damai dapat tercipta di rumah Anda.

  1. Taman di atas Tangga

Tiada batasan untuk berkreasi, termasuk dalam membuat taman di depan rumah. Jika Anda tidak memiliki halaman rumah yang cukup untuk dibuat taman vertikal atau dipasangi pot gantung, Anda masih bisa memanfaatkan hal lain yang ada di sekitar. Misalnya, tangga.

Jika Anda memiliki tangga di depan rumah, Anda dapat berkreasi dengan meletakkan pot-pot tanaman di bagian tepi anak tangga. Dengan begitu, rumah Anda akan terlihat lebih asri meski tidak memiliki halaman yang memadai untuk membuat taman biasa.

  1. Tanaman Penghias Pagar

Pagar merupakan elemen yang cukup penting di halaman rumah. Bahkan bagi rumah yang tidak memiliki halaman, keberadaan pagar terkadang dianggap sangat penting sebagai bagian dari sistem keamanan rumah.

Namun, jika halaman yang minim sudah digunakan untuk membuat pagar, makan Anda tak akan punya ruang untuk menanam tanaman untuk memperindah halaman rumah. Hal itu bisa saja terjadi, tapi bisa juga tidak.

Maksudnya, jika pagar yang terpasang di depan rumah Anda masih memiliki sedikit ruang yang terbuka untuk ditanami, maka Anda dapat menanam tumbuhan di bawah pagar. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tanaman hijau sebagai pagar hidup yang membatasi halaman rumah Anda dengan jalan atau rumah lain.

  1. Taman dengan Kolam

Jika Anda memiliki halaman rumah yang luas, menambahkan kolam sebagai salah satu elemen taman adalah pilihan yang bagus. Anda dapat meletakkan ikan kecil berwarna-warni di dalam kolam sehingga taman di depan rumah menjadi lebih hidup.

Selain itu, Anda juga dapat berkreasi dengan menambahkan tanaman air seperti teratai di dalam kolam, bahkan menyusun bebatuan hingga tercipta air terjun buatan. Suara gemercik air yang jatuh ke kolam akan membuat nuansa asri dan alami yang tercipta semakin kental.

Sangat disarankan bagi Anda yang ingin menambahkan kolam dan air terjun agar menempatkan posisi kolam di pinggir taman. Untuk memberikan aksen, Anda dapat menanam bunga berukuran kecil di sekitar kolam dan memasang lampu di dekatnya. Dengan begitu, pesona kolam masih dapat dinikmati meski di malam hari.

Keberadaan taman di depan rumah dapat menjadi dekorasi sekaligus pemberi kesegaran pada rumah. Jika Anda ingin membuat taman, qhomemart adalah tempat yang sangat direkomendasikan sebagai tempat belanja.

Situs qhomemart adalah tempat jual-beli online dengan produk yang lengkap dan berkualitas sehingga Anda tidak perlu lagi keluar rumah untuk belanja. Cukup dengan smartphone dan jaringan internet, Anda dapat berbelanja dengan leluasa.