Cara Mendapatkan Tema Windows 10 dan Menerapkannya di Komputer

Untuk apa menggunakan tema Windows 10? Tentu saja untuk personalisasi yang membuat setiap perangkat komputer menjadi lebih unik dan spesifik sesuai selera penggunanya. Dengan kata lain, pengguna menjadi lebih nyaman dan betah duduk di depan komputer sehingga meningkatkan produktiftas. Sebenarnya tema sendiri sudah bukan hal baru bagi pengguna Windows karena fitur ini sudah diperkenalkan sejak Windows 7 dirilis. Tentunya ada alasan mengapa Microsoft mempertahankan fitur ini hingga Windows 10 saat ini.

Bagaimana Cara Mendapatkan Tema Windows 10?

pexels.com

Leskompi ingin sedikit menjelaskan tentang apa itu tema atau themes dimana fitur ini akan merubah tampilan Windows sesuai preset yang tersedia agar lebih sesuai dengan selera dan kebutuhan pengguna. Tema tersedia dalam bentuk desktop theme packs yang berisi antara lain sejumlah wallpaper, suara dan warna Windows yang relevan.

Salah satu cara yang bisa Kamu lakukan untuk mendapatkan tema adalah dengan mengunduh paket yang tersedia di Windows Personalization Gallery yang memuat ratusan tema gratis yang bisa langsung Kamu gunakan. Cara lainnya, Kamu bisa mengakses Store untuk Windows 10 build 14951 dengan langkah-langkah sebagai berikut;

  1. Buka aplikasi Store dari Start Menu lalu klik pilihan “Top Apps” untuk mengakses “Personalization” dari menu drop down yang muncul. Atau Kamu juga bisa mengaksesnya dari pilihan “Category”. Apabila menu drop down tersebut belum juga muncul, sebaiknya perbesar (Maximize) jendela aplikasi Store.
  2. Scroll halaman hingga Kamu menemukan koleksi tema Windows 10.
  3. Klik pada salah satu tema yang ingin Kamu coba dan klik tombol “Get” untuk melakukan proses pengunduhan tema lalu menginstalnya ke Windows 10.

Mengingat Windows 10 Creators Update yang masih dike

pexels.com

mbangkan, Kamu mungkin belum bisa melihat tema baru tersebut di menu tema yang ada di bagian “Personalization”. Sebagai alternatifnya, Kamu bisa mengakses  folder C:\Program Files\WindowsApps lalu klik ganda pada tema yang memiliki ekstensi .themepack yang baru saja Kamu download tadi.

Bagaimana Cara Mengganti Tema Windows 10?

 

Jika Windows 10 Creator Update yang ada di komputermu sudah terbaru, maka cara untuk mengganti tema yang Kau lakukan antara lain;

  1. Masuk ke Menu Personalize (Personalisasi) dengan cara klik kanan di area kosong desktop dan pilih “Personalize”.
  2. Berikutnya klik menu Themes (Tema) untuk masuk ke pengaturan tema di Windows 10 yang kamu gunakan.
  3. Selanjutnya pilih tema yang telah Kamu instal sebelumnya cukup dengan sekali klik saja.
  4. Tak berapa lama, Kamu akan melihat perubahan pada tampilan Windows sesuai dengan tema yang Kamu inginkan meliputi background desktop, border jendela hingga warna pada title bar.

Lain lagi dengan cara mengaktifkan tema custom karena tidak ada tema yang tersedia di Store yang benar-benar cocok dengan preferensimu. Tema custom ini bisa Kamu dapatkan dari pihak ketiga yang banyak tersedia di internet. Besar kemungkinan, Kamu menemukan tema yang cocok mengingat banyaknya pembuat tema yang ada di luar sana. Bahkan Kamu bisa membuat tampilan Windows 10 menjadi mirip MacOS, Ubuntu, Android bahkan Windows 7 sekalipun.

  1. Nah bagi Kamu yang berminat menggunakan tema custom pada Windows 10 ini, silakan cari aplikasi yang bernama UxStyle yang berfungsi sebagai patcher. Dengan menginstal aplikasi ini, tema yang bukan dari Microsoft Store bisa digunakan dan bekerja pada Windows 10. Setelah menginstal, nyalakan ulang komputer.
  2. Berikutnya, siapkan tema custom yang diinginkan dengan cara mendownloadnya dari pihak ketiga. Pastikan Kamu menggunakan versi Windows 10 yang sesuai.
  3. Selesai mengunduh tema yang diinginkan, ekstrak file tersebut dan copy file hasil ekstrak ke C:\windows\Resources\Themes dan pastikan bahwa file tersebut di paste di root folder yang tepat.
  4. Sementara cara utnuk mengaktifkan tema custom ini tak jauh berbeda dari cara menerapkan tema Windows 10 seperti biasa yang sudah dijelaskan di atas. Yaitu dengan mengakses menu Personalize lalu klik Theme dan klik tema custom yang ingin Kamu gunakan pada Windows 10.

Satu hal yang perlu Kamu ingat jika ingin menggunakan tema custom maupun tema resmi yang disediakan oleh Microsoft adalah mempertimbangkan spesifikasi perangkat yang digunakan. Hal ini karena menerapkan efek visual secara berlebihan juga bisa menajdi beban lain bagi sistem. Untuk itu, pastikan bahwa perangkat yang Kamu gunakan memenuhi spesifikasi minimum Windows 10 atau di atasnya untuk meghindari masalah performa yang tidak diinginkan.

Terlepas dari itu, bermain-main dengan tampilan Windows memang menjadi hal yang cukup membantu agar Kamu tidak lekas merasa bosan dengan perangkat yang digunakan. Terlebih lagi, dengan kemampuan bergonta-ganti tampilan ini, Kamu pun juga menjadi lebih betah untuk berlama-lama bekerja di depan komputermu untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan lain.

Yang jelas, tema yang digunakan pada Windows ini tak hanya membuat tampilan komputer menjadi keren dengan UI yang tidak biasa. Namun ingat untuk tetap menyimpan tema secara bijak agar tidak menjadi beban lain bagi sistem. Apalagi jika spesifikasi perangkat yang digunakan cukup terbatas atau sudah cukup lama.