Tunas Kelapa Pramuka

Deskripsi:

Apa sih arti dan makna tunas kelapa Pramuka yang sering kita jumpai di seragam pramuka, bendera, papan nama kwartir, dan tanda pengenal satuan sebagai lambang kiasan.

 

Artikel:

Pernahkan kalian melihat lambang tunas kelapa pramuka? tentunya sering melihat di seragam pramuka sebagai lambang yang sudah ditetapkan sejak 16 Agustus 1961 dari surat keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 06/KN/72.

 

Tidak hanya menjadi logo, tetapi tunas kelapa juga dikenal sebagai administrasi gerakan pramuka yang digunakan untuk meningkatkan kegiatan pramuka. Tunas kelapa memiliki beberapa komponen yang memiliki arti tersendiri.

 

Arti Tunas Kelapa Pramuka

Belum tahu apa arti dari tunas kelapa secara detail dari setiap komponennya? Yuk ketahui penjelasannya di bawah ini.

 

  1. Kelangsungan Hidup Bangsa

Arti tunas kelapa Pramuka yang pertama yaitu dari buah nyiur dalam keadaan tumbuh atau sering dikenal dengan nama cikal yang dapat menurunkan generasi baru. Jadi, lambang buah nyiur tersebut mengkiaskan seorang pramuka menjadi inti kelangsungan hidup bagi bangsa Indonesia.

 

  1. Bertahan Lama

Berikutnya, arti dari tunas kelapa pramuka yaitu dapat bertahan lama dengan kondisi apapun dan dimanapun. Hal tesebut dapat dikiaskan bahwa setiap anggota Pramuka secara jasmani dan rohani hari sehat, ulet, dan kuat untuk menghadapi segala tantangan dan rintangan dalam kehidupan. Tak hanya itu, seorang anggota pramuka juga harus mengabdi kepada Tanah Air Indonesia.

 

  1. Dapat Menyesuaikan Diri

Pohon nyiur dapat tumbuh dimana saja sehingga hal tersebut mengkiaskan bahwa seorang anggota pramuka harus bisa menyesuaikan diri dalam setiap situasi dan kondisi agar dapat mempertankan kelangsungan hidup dimanapun dan kapanpun.

 

  1. Cita-Cita yang Tinggi

Berikutya, kamu juga harus memahami makna pohon nyiur yang menjulang lurus ke atas menjadi pohon tertinggi yang mengkiaskan bahwa setiap anggota pramuka harus memiliki cita-cita yang tinggi dengan sikap yang jujur dan mulia sehingga tidak mudah diombang-ambing.

 

  1. Akar nyiur tumbuh kuat dan erat

Berikutnya, arti akar nyiur yang tumbuh erat dan kuat juga memberikan kiasan adanya keyakinan dan tekad dengan memperkuatĀ  diri untuk mencapai cita-cita yang dimiliki oleh setiap anggota pramuka.

 

Itulah penjelasan mengenai arti tunas kelapa pramuka yang harus diketahui oleh anggota pramuka.